Daerah Senin, 14 Maret 2022 | 19:03

Angin Kencang di Grobogan Jawa Tengah, 25 Rumah Warga Rusak 

Lihat Foto Angin Kencang di Grobogan Jawa Tengah, 25 Rumah Warga Rusak  Angin kencang mengakibatkan rumah warga Kabupaten Grobongan, Provinsi Jawa Tengah, rusak sedang dan ringan. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Angin kencang mengakibatkan rumah warga Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, rusak sedang dan ringan. Peristiwa ini terjadi pada Minggu, 13 Maret 2022 pukul 23.00 WIB. BPBD setempat mencatat total rumah rusak sebanyak 25 unit.

Rumah rusak dengan kategori sedang akibat angin kencang tersebut berjumlah 13 unit, sedangkan rusak ringan 12 unit. 

Peristiwa ini berlangsung bersamaan dengan hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Desa Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo. 

BPBD melaporkan insiden ini tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa maupun warga mengungsi. 

 Pascainsiden, BPBD bersama warga melakukan gotong royong untuk membersihkan puing material bangunan. 

Baca juga: Ini Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat 15-16 Maret

Petugas BPBD setempat yang dibantu Satpol PP dan aparat desa juga melakukan pembersihan pohon maupun ranting-ranting tumbang yang menimpa rumah warga. BPBD telah berkoordinasi dengan pihak desa untuk mendata 25 KK terdampak.

Menyikapi kejadian ini, BNPB mengimbau pemerintah dan warga untuk tetap waspada. Prakiraan cuaca esok hari, Selasa, 15 Maret 2022, wilayah kecamatan ini masih berpeluang hujan ringan hingga sedang. 

Mengantisipasi dampak angin kencang, pemerintah daerah dan warga dapat meminimalkan potensi risiko dengan memangkas ranting pohon yang ada di ruang publik maupun sekitar rumah. 

Selain itu, setiap keluarga dapat melakukan pengecekan maupun penguatan kondisi atap sehingga kokoh saat angin kencang terjadi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya